Khasiat Temu Lawak

Posted by Rafiq on

Khasiat Temu Lawak ( Curcuma Xanthorrhiza )


Tanaman ini ditanam secara konvensional dalam skala kecil dengan menggunakan teknologi budidaya yang sederhana, karena itu sulit menentukan letak sentra penanaman temulawak di Indonesia. Hampir di setiap daerah pedesaan, terutama di dataran sedang dan tinggi, dapat ditemukan temulawak terutama di lahan yang teduh.

Secara klinis, khasiat tumbuhan asli Indonesia ini bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri dan kurkumin yang terdapat pada rimpang tumbuhan ini bermanfaat sebagai acnevulgaris, disamping sebagai anti inflamasi (anti radang) yang mampu mengobati penyakit maag.

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin.Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Kandungan serbuk rimpang ternyata mempunyai khasiat untuk memperbaiki dan menetralkan produksi asam lambung. Bahkan maag akut sekalipun akan berangsur-angsur sembuh jika kita telaten meminum air sari temulawak.

Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi.Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.

Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.

Khasiat Temulawak sangat baik sebagai cara mengatasi gangguan asam lambung, bahkan maag yang sudah akut pun bisa berangsur sembuh. Kita bisa membuat ramuan utuk mengobati penyakit tersebut, caranya sangat mudah, siapkan satu rimpang temulawak, lalu cuci sampai bersih. Iris temulawak tersebut dengan tipis, kemudian rebus dengan 5 gelas air putih dan tunggu sampai mendidih. Minum temulawak ini secara teratur satu gelas sehari, dan bisa juga ditambahkan dengan madu secukupnya. : Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Penyakit Asam Lambung

Obat Alami Maag Temulawak atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan Curcuma xanthoriza . Temulawak dikenal memiliki manfaat yang besar untuk membantu memperbaiki liver, mengobati hepatitis, membersihkan racun dan sisa kotoran yang ada dalam organ pencernaan, menentramkan lambung, sebagai antiinflamasi yang memiliki kemampuan untuk mengatasi pembengkakan pada lambung.

Previous
« Prev Post
12.19